Jumat, 07 Oktober 2016

Inovasi Layanan Publik Polres Jember Mandapat Apresiasi Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB

Salam X- Kars
Jember  - Radar Besuki
 Inovasi layanan publik di tubuh polri khususnya di Polres Jember berkembang pesat dan banyak. Diharapkan inovasi tersebut bisa ditularkan ke kementerian yang lain.
Demikian ditegaskan Profesor Doktor Hajjah Diyah Natalisa, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) usai meninjau fasilitas layanan publik inovasi Polres Jember, Jumat siang. Ia mengatakan, dalam kunjungan di beberapa wilayah di Indonesa ia belum menemukan inovasi baru terkait layanan public. Inovasi baru ia temukan di Polres Jember, diantaranya aplikasi  We Are Ready (WAR) aplikasi penyidikan  online yang memudahkan koordinasi dengan kejaksaan dan pengadilan serta dengan lapas. Selain Itu, Samsat Home Care yang memudahkan melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor, semuanya belum pernah ia lihat di daerah lain. Semua progam inovasi tersebut tidak hanya meningkatkan kinerja di tubuh polri, tapi juga bisa mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan. Karena itu, dia mengapreasi upaya Polres Jember. Ia berharap, hal tersebut tidak hanya digunakan oleh jajaran polri di Indonesa, tapi juga bisa diikuti kementerian lainnya. Dengan demikian, layanan publik di Indonesia bisa semakin lebih baik.
Profesor Diyah memberikan masukan terkait layanan Samsat Home Care supaya dipadukan dengan aplikasi android sehingga masyarakat bisa mengisi data sendiri dan layanan bisa lebih cepat. Hal ini diharapkan selain memberikan kemudahan, juga meningkatkan pendapatan di sektor pajak. (Rabi)