Senin, 02 Januari 2017

Pengunjung Keluhkan Pungli Parkir Kebun Binatang Surabaya



SURABAYA - Sejumlah pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) mengeluhkan pungutan liar tarif parkir. Sebab tarif parkir di kebun binatang ternama di Surabaya, Jawa Timur, tak sesuai dengan yang tertera pada karcis.


 Area parkir masuk kebun binatang.

Pengelola KBS mencantumkan tarif Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Namun saat membayar, pengunjung KBS harus mengeluarkan uang Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp7.000 untuk mobil.”Aneh sih karena tidak seperti biasanya dan tak sesuai yang tertera pada karcis,” kata Suhaimi, 34, warga Surabaya saat berkunjung ke KBS pada Senin (2/1/2017).

Suhaimi bingung dengan bayaran itu. Ia menilai itu sebagai pungutan liar.
Mustain, 45, pengunjung lain pun mengeluhkan hal serupa. Ia datang bersama teman-temannya.
Sama seperti Suhaimi, ia juga harus membayar biaya parkir lebih besar ketimbang tarif pada karcis. Padahal, ungkapnya, ia biasa membayar tarif parkir sesuai dengan nilai pada karcis.

Meski demikian, petugas parkir tak tahu menahu soal tarif. Ia hanya menjalankan tugas menarik biaya parkir sebesar Rp5.000 sesuai perintah.”Saya juga enggak paham. Silakan sampeyan tanya ke pihak terkait,” kata pria yang enggan menyebutkan namanya itu.

KBS masih menjadi idola warga Surabaya untuk berekreasi. Pada musim libur akhir 2016, pengunjung KBS mencapai 19.174 orang. Jumlah itu meningkat dari periode yang sama di 2015 yaitu 10.318 orang.“Peningkatan jumlah pengunjung tahun ini dikarenakan bertepatan di hari Sabtu, sehingga pengunjung memiliki waktu lebih panjang,” kata Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS), Laily Widya Arishandi.

Selain koleksi satwa, KBS juga menyuguhkan berbagai hiburan untuk pengunjung. Di antaranya kolam renang, wisata perahu, live music, dan kesenian jaranan atau kuda tiruan. (rrn/rabi)